Selasa, 14 Oktober 2014
Kearifan Lokal dalam Menjaga Ketahanan Pangan



Pernah kah kita membayangkan bahwa nasi yang kita makan sehari-hari adalah suatu bentuk kearifan lokal di masyarakat. Bukan hanya nasi atau beras saja, akan tetapi jug a berbagai makanan pokok masyarakat indonesia . Mereka masih mau berkorban demi ketahanan pangan di indonesia .
Mungkin karena leluhur indonesia yang sangat hebat dalam menanamkan pentingnya suatu kearifan lokal pada petani masa kini yang membuat petani saat ini masih bertahan dalam mempertahankan budaya nya. 

Sekarang  masalah nya adalah siapa penerus mereka di saat modernisasi yang sangan cepat berkembang ini yang cenderung menghancurkan suatu kearifan lokal.
Bayangkan jika ketahanan pangan di indonesia hancur, dan para masyarakatnya sudah tidak mempunyai budaya sendiri yang berbasis kearifan lokal. Yang hanya bisa di lakukan pemerintah hanyalah impor dan impor. Kita sudah kalah jauh dengan negara tetangga kita thailand dan vietnam dalam hal pangan. Vietnam yang lahanya hancur setelah di serang amerika justru malah menjadi peng ekspor beras terbesar di asia. Karena mereka mempunyai dasar yang kuat dalam kearifan lokal mereka dan mampu mengembangkan sumber daya manusia .
Terus apa yang salah dengan indonesia, indonesia sudah berjuang keras dalam mempertahankan ketahanan pangan indonesia, termasuk impor beras besar-besaran .
Kenapa hal tersebut masi kurang efektif? Menurut saya jika indonesia hanya impor dan impor itu tidak akan memperbaiki masalah, akan tetapi malah menambah masalah baru. Hal yang harus di rubah di indonesia adalah fundamental rakyat indonesia. Harusnya kita dapat memperdalam kearifan lokal indonesia dengan tidak menerima budaya luar tanpa menyaringnya.
Jika kearifan lokal indonesia dapat di perbarui, maka rakyat indonesia akan mendapatkan kesempatan kedua untuk memdapatkan jati diri mereka dan kembali memelihara kearifan lokal daerah mereka . Kembali berproduksi secara produktif dan efisien. Dengan begitu ketahanan pangan indonesia bukan hanya akan kokoh tetapi juga mungkin indonesia akan menjadi peng ekspor  beras dan bahan pangan di kemudian hari.

5 komentar:

robbikhul ichsan mengatakan...

oke

Unknown mengatakan...

mantaap lah

Unknown mengatakan...

good f*cking post !

Unknown mengatakan...

seharusnaya disertai penjelasan tentang kearifan lokal sendiri ??

Unknown mengatakan...

ada masukan lain gak???

Posting Komentar

 
;